• SMP NEGERI 178 JAKARTA
  • TETAP SEMANGAT DAN MANTAP BERIBADAH

COMPUTER BASED TEST SMPN 178 JAKARTA

Saat ini Zaman sudah memasuki Era Teknologi Informasi dimana pelaksanaan Ujian yang semulanya manual dan tradisional menggunakan Kertas, Saat ini mulai diadakan Sistem Komputerisasi atau kita sebut dengan istilahnya Computer Based Test (CBT).

Kecanggihan teknologi di semua bidang tidak bisa dihindari termasuk dalam hal tes Penerimaan Peserta Didik Baru. Menanggapi serta mengikuti kemajuan dan perkembangan teknologi sudah seharusnya sistem ujian yang konvensional beralih ke sistem yang terkomputerisasi.

Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer adalah tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

Pelaksanaan ujian dengan sistem CBT atau Computer Based Test tentu memiliki perbedaan dengan sistem PBT atau Paper Based Test dalam hal media pengerjaan. Peserta ujian menggunakan sistem CBT langgung dapat memilih jawaban yang benar pada layar komputer namun menggunakan sistem PBT peserta diwajibkan menghitamkan bulatan di kertas lembar jawaban.

Pada sistem CBT peserta ujian hanya perlu menggeser dan klik kursor pada jawaban yang dianggap benar. Namun dengan sistem PBT, peserta ujian juga dituntut untuk teliti supaya jawaban bisa terbaca saat dikoreksi dengan mesin pemindai. Kertas juga rentan berlubang jika menggunaakan perhapus yang kasar.

Konsep Computer Based Test (CBT) merupakan suatu konsep komputerisasi yang dilaksanakan menggunakan perangkat teknologi secara bersamaan yang memungkinkan sekolah untuk melaksanakan ujian maupun test secara online.

Maka dari itu, kami smp Negeri 178 Jakarta. Alhamdulilah sudah menerapkan Konsep Computer Based Test (CBT) secara mandiri dengan Domain Name https://www.cbt.smp178jkt.sch.id/

 

#https://mtsnegeri2oki.sch.id/2021/02/27/mengenal-sistem-cbt/

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
WEBSITE ADIWIYATA SMPN 178

SEJARAH PROGRAM ADIWIYATA Tahun 1975Tahun ini adalah Sejarah awal tercentusnya pendidikan lingkungan hidup di Indonesia yang diselengarakan pertama kali oleh Institut Keguruan dan Ilmu

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 34 kali
ALTERNATIF WEB RESMI SMPN 178 JAKARTA

Website sekolah merupakan salah satu alternatif penyampaian informasi (pengetahuan dan berita) berbasis Internet yang dikeluarkan oleh sekolah dengan tujuan untuk kemudahan dalam pendis

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 29 kali
WEBSITE SISITIM KELULUSAN SEKOLAH (SKL) SMPN 178 JAKARTA

Popularitas website sekolah menjadi salah satu bentuk perkembangan dalam program digitalisasi sekolah. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai media penyampaian informasi saja, sistem inf

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 12 kali
Sample Post 5

Menyusul ....

15/01/2023 21:23 - Oleh Administrator - Dilihat 6 kali